Merawat Mesin Hand Sealer Untuk Stabilitas Produksi

Mesin hand sealer, atau sering dikenal dengan mesin sealer plastik merupakan mesin yang digunakan untuk membantu dalam proses pengemasan suatu produk yang memiliki bungkus dari bahan plastik. Fungsi mesin ini untuk mengepres kemasan plastik agar tertutup rapat dan kedap udara.

Hand sealer dioperasikan secara manual dengan menggunakan bantuan listrik untuk memunculkan panas pada elemen hand sealer dan tenaga manusia. Caranya dengan menyambungkan kabel hand sealer dengan aliran listrik, selanjutnya letakan plastik diantara bagian mesin pres pada hand sealer dan kemudian tekan mesin pres, diamkan beberapa detik hingga plastik tadi menyatu dengan sempurna.

Dengan kapasitas penggunaan yang sering tentunya, membuat kinerja mesin menjadi berkurang dan bahkan mungkin mengalami kerusakan dibeberapa bagian. Hal ini tentu saja akan menghambat stabiltas produksi. Perawatan dan perbaikan menjadi hal yang harus kita perhatikan, supaya kondsi dan kinerja mesin tetap stabil.

Perawatan mesin hand sealer tergolong sangat mudah bila dibanding mesin kemasan lainya. karena karena rangkaian konstruksi mesin ini sangat simple dan tidak terlalu sulit.

Biasanya kerusakan yang terjadi pada mesin Hand Sealer ini adalah pada bagian element pemanasnya. Sebab elemen pemanas pada hand sealer berperan cukup penting dalam proses penyegelan terhadap kemasan. Karena proses penyegelan di lakukan dengan cara di tempel ke permukaan elemen pemanas dengan lapisan teflon.maka hal yang paling sering di temukan adalah bagian teflon yang lengket dan gosong. Akibat dari permukaan teflon yang lengket dan gosong ini bisa membuat daya panas elemen menjadi berkurang, hal ini tentu saja akan berimbas kepada hasil sealing (penyegelan) plastik kemasan yang kurang maksimal. Kemasan akan mudah bocor, dan terbuka.

READ  Hot Melt Glue Carton Sealer (FXJ-5050ZBR)

Lapisan elemen & teflon yang rusak atau gosong dapat diperbaiki dengan mengganti elemen teflon tersebut. Lapisan elemen terbuat dari bahan lempengan logam sedangkan lapisan atas terbuat dari bahan Teflon. Elemen-elemen tersebut dapat ditremukan dan di jual di beberapa toko mesin kemasan. Anda harus menyesuaikan panjang dan lebar lapisan elemen teflon dengan mesin hand sealer yang anda miliki.

Berikut cara-cara mengganti elemen logam dan lapisan teflonnya:

  1. Lepaskan sekrup yang mengunci plat logam yang ada di kedua sisi sealer.
  2. Lepas semua bagian dari kawat penyegel yang telah rusak, dan pindahkan pin dari engsel sehingga Anda dapat memasang elemen baru pada pin. Dan kemudian pasang elemen pemanas baru menggantikan yang lama.
  3. Tempatkan plat logam yang memegang strip teflon kembali ke kedua sisi sealer. Jangan dikencangkan mereka sepenuhnya lebih dahulu. Ketika sekrup dapat menahan kedua pelat logam di tempat, tempatkan lembaran teflon secara presisi di bawah kedua pelat logam, dan kencangkan sekrup.
  4. Pastikan bahwa strip teflon ditempatkan dengan baik di atas kawat elemen pemanas, kemudian kencangkan sekrup yang memegang kawat elemen.
  5. Cek bagian elemen dan tempat rumah ujung elemen apakah berkarat atau tidak. Apabila bagian tersebut berkarat maka bersihkan bagian yang berkarat tersebut menggunakan amplas atau obeng kecil agar bagian penghubun g elemen tersebut tidak tertutup karat karena akan mengurangi dan menghambat proses pemanasan mesin pres plastik tersebut.
  6. Karena bentuk elemennya tipis maka ada kemungkinan elemen tersebut mengalami kerusakan terbakar ataupun putus, bila hal ini terjadi maka lakukan penggantian secepatnya.

Tanda-tanda yang menunjukkan saatnya untuk mengganti elemen kawat pemanas adalah:

  1. Memerlukan waktu yang sedikit lebih lama dari biasanya untuk menutup kantong/menyegel
  2. Segel tidak sempurna.
  3. Sealer tidak akan bekerja ketika bar ditekan (macet).
  4. Lapisan teflon terbakar atau gosong.
  5. Kabel pemanas rusak, putus dan terbelah menjadi dua bagian.
READ  Hand Impulse Sealer With Middle Cutter (FSC Series)

 

Oleh sebab itu, supaya mesin hand sealer tak mudah rusak maka perlu dilakukan perawatan berkala dan cara penggunaan dengan benar.

Berikut ini cara pemeliharaan mesin:

  1. Simpanlah mesin di tempat yang kering dan tidak lembab
  2. Diusahan mesin jangan sampai tersiram benda cair dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.
  3. Bersihkan mesin setelah di gunakan.
  4. Tidak menggunakan tegangan listrik yang tidak stabil
  5. Jangan mengatur timer mesin dengan menggunakan ukuran derajat panas yang tinggi.

Demikian cara-cara yang dapat digunakan untuk memperbaiki dan merawat hand sealer untuk pengemasan produk Anda. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan.

Merawat Mesin Hand Sealer Untuk Stabilitas Produksi